TIPS AGAR BETAH TINGGAL DI SITE TAMBANG

Leave a Comment
Semangat Pagi Sobat Miner!

Suka duka kehidupan di site memang menarik untuk dibahas. Terutama bagi karyawan non lokal atau dalam kata lain perantauan. Bagi kamu yang mampu survive dengan lingkungan baru tentunya menambah nilai pribadi tersendiri. Dan bagi yang gagal move on dari kampung halaman, tentunya merupakan tantangan juga untuk mengalahkan rasa kangen yang begitu kuat dengan kampung halaman. Terutama untuk pendatang baru di tambang, mungkin dirasa jiwanya masih setengah-setengah untuk bertahan hidup di site. Berikut ada beberapa tips agar bagaimana caranya kamu bisa asyik untuk hidup di tanah perantauan.



  1. Kamu Harus Ramah Dengan Semua Orang
    Sebagai pendatang baru kamu jangan sungkan untuk mengulurkan tangan duluan untuk berkenalan kepada siapa saja. Selipkan senyum dibalik uluran tanganmu agar hubungan yang baru terasa lebih hangat. Berkenalanlah jangan memandang siapa mereka dan jabatannya apa. Mulai dari Office Boy sampai ke atasan. Hal ini sangat penting karena kamu sedang mulai sebuah kontak jangka panjang, jangan sampai kamu sudah berbulan-bulan di site tetapi sedikit sekali yang mengenali kamu. Smile.
  2. Bulatkan Tekad
    Kamu sudah jauh jauh pergi cari nafkah sampai mengorbankan zona nyamanmu. Jauh dari orang tua dan juga sahabat-sahabatmu. Mulai detik itu juga bulatkan tekad bahwa niatnya memang bekerja, bukan untuk mencoba-coba saja. Ingatlah kedua orang tuamu yang sudah bekerja untuk mencarikan kamu uang kuliah dulu, bukankan kamu ingin sekedar bisa memberi mereka sebagian gajimu sebagai salah satu bentuk rasa sayangmu. Kamu harus sukses ditempat baru, jangan sedikit sedikit mengeluh, ingat mengeluh hanya untuk anak-anak saja, kamu sudah dewasa dan rasional. Hadapi saja dunia barumu. Salah satu persyaratan masuk dunia tambang adalah mampu menghadapi tekanan dan berani menerima tantangan baru. Jadikan agama dan keluarga sebagai faktor pendorong kamu dalam bekerja. Pokoknya gas poll.
  3. Untuk Yang Suka Teh/Kopi Bawa Botol Terbaikmu
    Jaman sekarang ngeteh dan ngopi adalah gaya hidup. Untuk mempererat suasanya di site, kamu bisa berbagi teh atau kopi kepada teman kamu. Botol yang bagus adalah botol yang mampu mempertahankan suhu panas lebih lama. Hanya dengan secangkir kopi atau teh, dan obroral ringan maupun berat, akan terasa lebih nikmat dan pastinya akan membuat kamu lebih betah di site. Jangan diminum sendiri.
  4. Kosongkan Hard Disk Isi Dengan Film Terbaru
    Sepulang kerja Setelah tiba sampai mess, kegiatan sebelum tidur biasanya kalo tidak menelpon keluarga dirumah, atau lihat time line social media bisa juga alternatif menonton film favorit yang sudah kamu simpan di HD eksternal. Daripada pusing mikirin kerjaan yang masih pending, mending kamu pake untuk menonton film. Siapa tahu muncul ide briliant yang bisa kamu terapkan dalam pekerjaan kamu.
  5. Install Game Di Smart Phone Sebelum Tiba Di Site
    Biasanya di site signal provider lemah. Yang dapat site dengan signal 4G berati jiwa anda terselamatkan. Instal game offline maupun online. Itu juga efektif untuk menghilangkan rasa jenuh yang memuncak karena pekerjaan yang cenderung monoton. Tapi ingat bermainlah dengan bijak. Jangan bermain diwaktu jam kerja, kecuali bosmu sendiri yang mengajak main bareng (LOL :D)
  6. Suka Olahraga? Gabung Dengan Tim Perusahaan Kamu
    Perusahaan biasanya punya waktu tersendiri untuk berolahraga. Sehabis kerja sempatkan olahraga satu kali dalam seminggu. Biasanya jenis olahraga futsal dan badminton. Di perusahaan tertentu sudah tersedia fitness center. Lumayan untuk menjaga kebugaran dan menjalin hubungan antar karyawan agar lebih harmonis.
  7. Mentraktir Teman Baru Wajib Hukumnya Walau Hanya Segelas Kopi
    Tidak ada salahnya kalau kamu yang keluar uang untuk mentraktir.Yang paling penting adalah intensitas percakapannya,dan jangan sibuk main hp sendiri-sendiri. Percakapan di sebuah warung ketika pulang kerja merupakan hal yang langka. Manfaatkan waktu tersebut dengan sebaik mungkin. Karena biasanya waktu tersebut tidak lama karena mungkin kesibukan masing-masing ketika sudah di mess.
     
  8. Nonton Bareng
    Di mess masing-masing biasanya sudah tersedia televisi. Sempatkan diri untuk ikut bergabung untuk nonton bola atau olahraga lainnya bersama penghuni mess lainnya. Jangan lupa untuk membuat kopi atau teh untuk diminum bareng-bareng dan kalau ada gorengan bisa juga menjadi teman nonton biar lebih seru. 
Masih banyak saya rasa berbagai macam kegiatan agar kamu betah stay di site. Intinya adalah semua kegiatan harus bersifat positif dan tidak merugikan siapapun. Ingat, jangan pernah konsumsi narkoba dan minuman beralkohol di lingkungan site. Ada peraturan tertentu yang melarang hal tersebut dan hukumannya paling berat pemutusan hubungan kerja. Semoga bisa membantu dan jangan lupa always smile.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar