Gaji Pekerja Tambang emas Freeport, Pama, Buma, Thiess minimal 10 juta mau? Kenali Seluk Beluk Bekerja di Tambang

Leave a Comment
coal mines via unsplash


Apa yang ada dibenak Anda ketika mendapat tawaran bekerja di perusahaan tambang? Apakah benar gaji pekerja tambang batubara dan mineral emas ataupun nikel dan sebagainya sangat jauh di atas standar upah minimum yang diterima pekerja pabrikan. Atau mungkin ada yang bertanya apa saja resiko, hak dan kewajiban, bahkan seperti apa kehidupan pekerja tambang yang sesungguhnya. Apakah LDR pekerja tambang memang nyata? Long Distance Reladibohonginsip. Saya akan coba menjabarkan satu persatu supaya teman-teman yang baru mencari informasi mendapatkan sudut pandang baru dari pekerja tambang.

Apa dan siapa itu pekerja tambang?

Pekerja tambang adalah sekumpulan orang, laki-laki dan atau perempuan yang rela meninggalkan hingar bingar kehidupan kota yang rela secara periodik keluar masuk daerah kecil ataupun terpencil (bisa per 2 bulan, per semester, per tahun) yang mencoba mewujudkan mimpinya untuk meraih cita-cita dan harapan di masa tua kelak.


Dan mereka ini, para pekerja tambang, bekerja di ruang lingkup pertambangan yang tersebar dari beberapa ruang lingkup pekerjaan. Mulai dari eksplorasi hingga ke pemasaran. Namun, biasanya bagi para kontraktor, pekerja tambang mendapatkan porsi pekerjaan berupa penambangan komoditas bisa berupa batubara, ataupun mineral, serta beberapa proyek reklamasi dan pasca tambang. Kalau bekerja sebagai pemilik lahan (atau biasa kami sebut owner), pekerjaannya seperti yang disebutkan tadi mulai dari eksplorasi sebagai hulu dan pemasaran sebagi hilir kegiatan.

Miner, kalau istilah pekerja tambang dalam bahasa inggris. Underground miner untuk istilah pekerja tambang bawah tanah. Jika butuh istilah lain, mungkin kuli batu jika Anda ingin bermaksud merendah di hadapan calon mertua, atau tikus tanah jika ingin bercanda sesama rekan kerja (no offence hehehe,,,)


Pekerja tambang wanita memangnya ada?

Banyak, dan saya harus mengatakan sekali lagi, yaitu banyak sekali. Memang pekerjaan di lapangan kebanyakan pria mendominasi. Tetapi jangan salah, pengawas lapangan wanita pun ada, yang tidak takut panas dan tidak peduli skin care luntur. Bahkan yang membawa HD (truk besar yang ukurannya rumah tipe 100) pun ada dan bisa dikatakan tidak sedikit.


Timbul pertanyaan berikutnya, mengapa perusahaan tertentu mempekerjakan operator wanita?
Banyak faktor sebenarnya. yang pertama mungkin saja daerah tertentu meminta kuota warga lokal untuk bekerja di perusahaan tambang yang bekerja di daerah tersebut. Bisa dikatakan bagian dari bentuk kerja sama simbiosis mutualisme, Anda bekerja di tanah kami, dan kami meminta jatah warga kami ikut bekerja.


Pertimbangan lain mungkin dari segi kebutuhan dilapangan. Yang saya tahu, operator wanita yang membawa truk HD tidak kebanyakan permintaan, penurut, dan tekun dalam bekerja. Tidak heran jika wanita juga membawa suasana tersendiri di lapangan, dimana dalam satu fleet terdiri dari enam sampai tujuh truk isinya operator wanita semua. Mungkin secara produktivitas truk dan exca tidak kalah dengan operator pria.


lady miner via dreamstime


Kalau di kantor, pekerja wanita pun mendapat porsi juga tidak sedikit. Di departemen produksi mereka berada di divisi manpower dan administrasi. Di departemen Human Resource sudah pasti, mereka tersebar di beberapa pekerjaan. Di departemen engineering pun wanita juga menguasai. Mereka membuat rencana penambangan dan memimpin meeting atau rapat dengan baik.


Bekerja di tambang pun tidak mesti lulusan sarjana tambang, semua jurusan bisa. Bahkan saya pernah punya rekan kerja lulusan bahasa jepang, dan kerja di tambang. Gimana? masih ragu dengan masalah jurusan? Pada intinya di ruang lingkup tambang mempunyai beberapa bagian pekerjaan yang bisa diisi oleh para lulusan apapun. 


Kehidupan pekerja tambang

Yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin bekerja di dunia tambang. Bahwa bekerja lebih dari 12 jam itu nyata ada sudah biasa. Jika jam kerja produksi dari jam enam pagi ke enam sore, logikanya ada orang yang mengatur distribusi pekerjaan sebelum dan sesudah jam kerja tersebut kan? biasanya rekan kerja departemen produksi mempunyai jam kerja yang lebih banyak dibandingkan dengan departemen lain, hal ini termasuk dengan transportasi dari mess sampai ke tambang. 

Untuk normalnya, biasanya antara jam lima subuh sampai setengah enam rata-rata semua pekerja tambang sudah mulai bergerak menuju lokasi. Dan jam pulang bisa di rata-rata antara jam 6 sampai dengan setengah tujuh malam. ini berlaku setiap hari sampai bertemu hari off dan atau hari cuti.

Untuk masa cuti, tergantung kebijakan perusahaan. Ada yang 6-2 (dibaca 6 minggu kerja 2 minggu cuti), 8-2, 10-2 bahkan per enam bulan sekali dan per tahun sekali. Namanya cuti periodik. kalau cuti tahunan juga ada, biasanya dalam setahun kita memegang tambahan 12 hari di luar dari cuti periodik.

Tapi jika Anda bekerja di owner, atau di kantor pusat Jakarta. Jam kerja biasanya dari jam delapan pagi sampai jam 5 sore. Dan hari Sabtu Minggu libur. 

Tidak berat sebenarnya, karena ini hanya masalah membangun kebiasaan atau habit. Jika Anda kaum rebahan bercita-cita bekerja di tambang, segeralah mulai dari muda membiasakan hal tersebut. 

Umumnya bagi para pekerja kontraktor tambang. Mereka bekerja jauh dari keluarga yang ditinggalkan di pulau seberang. Karena beberapa faktor tertentu keluarga mereka tidak bisa ikut tinggal di lokasi. Seperti contohnya mess yang disediakan memang di desain khusus untuk beberapa karyawan (minimal 2 orang dalam satu kamar mess), lokasi tambang jauh terpencil, tidak ada sarana dan prasarana yang bisa membuat bahagia di lokasi tambang seperti mall atau pusat mainan anak-anak. Beberapa contoh tersebut sudah cukup untuk bisa mengambil keputusan keluarga lebih baik bahagia di pulau seberang, sehingga ldr pekerja tambang pun memang nyata adanya.


Resiko pekerja tambang

Pernah mendengar berita pekerja tambang emas terkubur, pekerja tambang batubara tertimbun tanah longsor, pekerja tambang eams terjebak di bawah tanah seperti di tambang Chile? Atau berita truk HD melindas mobil pekerja tambang? Separah itukah resiko yang dihadapi?

Semua pertanyaan di atas merupakan kenyataan yang memang benar adanya. Bahwa gaji pekerja tambang memang besar tapi besar pula resiko yang dihadapi yaitu yang terbesar resiko kematian. Buat apa gaji besar tapi tak selamat dalam bekerja.

Jika Anda, mempunyai suami, istri, pacar, anak yang bekerja di tambang, pesan saya tolong untuk selalu diperhatikan dan ditanyakan kabarnya. Karena kondisi fokus menerus di tambang itu sebenarnya melelahkan, dan tidak boleh lengah sekalipun karena memang nyawa manusia taruhannya.

Menggunakan alat pelindung diri atau apd merupakan langkah yang mudah untuk meminimalisir resiko. Apd standar pekerja tambang berupa helm tambang, sepatu safety, masker, kacamata dan rompi tambang wajib selalu digunakan ketika Anda berada di lokasi.

Selain itu pekerja tambang lebih rentan terkena penyakit di bawah ini yaitu ISPA atau infeksi saluran pernapasana atas, biasanya karena sering terpapar debu di lapangan. Selain itu rentan terhadap sakit pinggang, terlalu lama duduk di depan komputer atau karena jalan tambang yang bergelombang. 


3 Hak dan 7 Kewajiban pekerja tambang Kepmen 1827

Hak pekerja tambang:

  1. Mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang menjadi kewajiban perusahaan
  2. Mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang memadai
  3. Menyatakan keberatan kerja kepada atasannya apabila persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tidak dipenuhi

Kewajiban pekerja tambang meliputi:

  1. Mematuhi peraturan K3
  2. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan instruksi dan tata cara kerja yang aman
  3. Memperhatikan atau menjaga keselamatan dirinya serta orang lain yang mungkin terkena dampak perbuatannya dan segera mengambil tindakan dan atau melaporkan kepada pengawas tentang keadaan yang menurut pertimbangannya akan dapat menimbulkan bahaya
  4. Menggunakan dan merawat alat-alat keselamatan dan pelindung diri dengan benar dalam melaksanakan tugasnya
  5. Memberikan keterangan yang benar apabila diminta keterangan oleh Inspektur Tambang atau KTT
  6. Melaporkan setiap kecelakaan atau cidera yang ditimbulkan oleh pekerjaan atau yang ada hubungannya dengan pekerjaan 
  7. Pekerja tambang berhak menyatakan keberatan kerja kepada atasannya apabila persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tidak terpenuhi.


Standar Gaji Salary Upah Pekerja Tambang

Jika berbicara mengenai gaji, sebenarnya masalah relatifitas saja. Gaji pekerja tambang batubara 10 juta sudah termasuk besar. Tetapi gaji pekerja tambang emas 10 juta belum tentu besar juga karena faktor resiko yang lebih besar seperti bekerja di bawah tanah. 

Umumnya untuk standar gaji fresh graduate kontraktor batubara berkisar di antara 5 sampai dengan 8 juta di luar bonus produksi dan tunjangan hari raya. Untuk kelas owner mungkin bisa lebih. Untuk yang sudah berpengalaman dan sudah mencapai level tertentu, gaji sebesar 20 sampai dengan 50 juta bukanlah sesuatu yang mustahil dicapai, tetapi butuh waktu dan dedikasi yang tinggi untuk mencapai angka tersebut. 

Saran saya jika anda mendapat wawancara bekerja di tambang. jangan hanya berpatokan pada besar gaji yang akan diterima. Tetapi benefit-benefit lain juga wajib dipertimbangkan. Bisa saja Anda diberikan gaji 10juta tetapi sudah termasuk semua biaya asuransi, tiket pesawat pulang pergi, akomodasi, bahkan makan malam.

Yang wajib diperhatikan ketika negosiasi gaji adalah benefit kesehatan, harus jelas apakah bpjs saja atau ada asuransi tambahan. Apakah rawat inap, anak dan istri juga ditanggung. kemudian POH atau Point of Hire, pastikan sesuai KTP asal misal Papua. Jangan sampai Anda di rekrut lokal, atau Anda akan menyesal karena tiket pesawat pasti tidak akan ditanggung. Kemudian fasilitas pekerja tambang seperti mess, laundry, makan pagi siang malam pastikan semua ditanggung. Perusahaan yang baik sebenernya sudah pasti akan memasukkan parameter tersebut di luar gaji, tapi pastikan sekali lagi Anda tidak salah dalam proses negosiasi.

Paramater lainnya adalah bonus produksi dan tunjangan hari raya. Seorang HRD yang baik tidak akan merasa jengkel saat akan ditanya akan hal-hal detail seperti itu. Menandakan bahwa calon pekerja nya merupakan seseorang yang cukup detail dalam melakukan nego.

Kesimpulan

Memang benar adanya jika bekerja ditambang bisa menerima gaji yang besar, apalagi jika jarang jajan dan beli yang tidak perlu pasti rekening Anda gemuk. Tetapi sebanding dengan resiko yang akan Anda akan hadapi. Jika Anda merasa tertantang, segeralah mencari lowongan kerja di tambang. 

Bagi saya pribadi, bekerja di tambang jauh dari anak istri bukanlah perkara yang mudah. Semua demi cita-cita dan harapan. Jika saya bisa memberi saran, mulai dari sekarang Anda harus pikirkan bagaimana caranya keluar dari zona pekerja secepatnya. Bisa dengan investasi (saham, tanah, dsb) ataupun memulai suatu usaha. Tidak ada yang lebih indah dan bahagia dibandingkan dengan dekat dengan keluarga yang dicintai. 

Sampai jumpa dilain kesempatan. Salam

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar